Super Moon Tebesar Akan Dilihat Oleh Warga Indonesia Malam ini

Super Moon Tebesar Akan Dilihat Oleh Warga Indonesia Malam ini
Bulan Purnama Perigee Supermoon atau supermoon pink bakal menghiasi langit pada Rabu (8/4) dini hari, pukul 01.08 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan supermoon kali ini menjadi yang terbesar sepanjang tahun.

“Yang terbesar adalah 8 April, terbesar di antara dua yang lain,” ujar Kepala Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Hendra Suwarta, seperti dikutip dari Antara. 

Lebih jauh, Hendra menjelaskan supermoon yang bisa kita saksikan di pergantian hari nanti berukuran sekitar 14 persen apabila dibandingkan dengan minimoon. Supermoon pink ini juga 30 persen lebih cemerlang. Sementara jaraknya dari Bumi mencapai sekitar 356.910 kilometer (kilometer). 

Puncak supermoon akan terlihat pada 8 April dini hari, namun penampakannya sudah bisa disaksikan pada Rabu (7/4) malam. 

“Jadi tanggal 7 malam sudah mulai besar, kelihatan karena sudah menuju perigenya, sudah mulai besar. Tapi nanti puncak terbesarnya itu di jam 01.08 WIB,” imbuh Hendra.  

Bulan purnama pink dengan ukuran super ini telah dikenal oleh suku asli di Amerika Serikat sebagai bulan purnama penuh. Kemunculannya sekaligus menandai tumbuhnya lumut merah muda atau phlox tanah liar yang merupakan salah satu bunga musim semi pertama. 

Perigee Supermoon memiliki beberapa julukan seperti Sprouting Grass Moon, Growing Moon, dan Egg-egg. Dalam unggahan Instagram-nya di @lapan_ri, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dijelaskan bahwa banyak suku pesisir menyebutnya Bulan Ikan Purnama karena saat muncul di langit, waktu itu bersamaan dengan migrasi besar-besaran yang dilakukan ikan salmon menuju hulu untuk bertelur.

Dengan adanya bulan purnama pink ini menjadi kemunculan supermoon yang ketiga kalinya pada 2020. Bulan akan berada pada posisi terdekatnya dari Bumi. Kemungkinan terlihat sedikit lebih besar dan lebih terang dari biasanya.  

Belum ada Komentar untuk "Super Moon Tebesar Akan Dilihat Oleh Warga Indonesia Malam ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel