Flu Spanyol Berakhir, Lewat Vaksin atau Hilang dengan Sendirinya ?

Flu Spanyol Berakhir, Lewat Vaksin atau Hilang dengan Sendirinya ?
Kali ini kita akan membahas mengapa flu Spanyol tidak terdengar sekarang. Flu Spanyol itu sendiri cukup menakutkan di abad terakhir. Dengan berbagai pada Januari 1918 hingga Desember 1920 kasus itu menginfeksi dunia 500 juta orang, setara dengan seperempat dari populasi dunia pada saat itu. Corona pandemi yang cukup lama. Sejauh ini kita tidak tahu kapan kurva Corona mulai mengalami penurunan.

Pertama, poin yang perlu kita teliti yaitu flu spanyol ini diakibatkan oleh virus bukan bakteri. Kita sendiri menyadari, selama virus itu tidak menyerang tubuh pada CD4, maka sistem kekebalan tubuh pun akan dapat membunuhnya dengan rentang waktu tertentu. Apakah virus dapat sembuh dengan sendirinya? Tentu saja hal itu mungkin.

Pada tahun 1919 tepatnya dimusim panas, flu spanyol berhenti dengan alasan yang yang diutarakan oleh Gubernur Jawa Timur. Beliau yang pernah menyinggung terkait herd immunity. Dan kemudian inilah yang terjadi juga pada flu spanyol saat itu.

Mengapa Pandemi Flu Spanyol Tidak Terdengar Lagi ?

Flu spanyol yang diakibatkan oleh virus tentu akan memberikan antibodi untuk melawan virus tersebut pada orang - orang yang telah berhasil selamat dari ganasnya virus itu. Walaupun pada saat itu belum ada pengobatan yang benar - benar efektif dalam penanganan flu spanyol, setidaknya Tuhan memberikan beberapa orang yang selamat. 

Korban yang selamat ini akhirnya mendapatkan imunitas (memori antibodi) yang menyimpan cara untuk melawan viru atau lebih tepatnya seperti pandemi. Pasti ada fase kenaikan dan penurunan selama fase itu ditemukan (kecuali untuk HIV, yang sampai saat ini belum ada pengobatan yang membuat pasien sembuh). Bagaimana cara kekebalan tubuh bekerja?
Flu Spanyol Berakhir, Lewat Vaksin atau Hilang dengan Sendirinya ?
Cara kerja Nerd Immunity
Dengan semakin banyak orang mendapatkan kekebalan tubuh, maka dipastikan semakin banyak orang dilindungi terhadap flu Spanyol. kekebalan ini ditularkan dari generasi ke generasi, sehingga pandemi ini dikatakan sebagai pandemi dilupakan.

Jika flu spanyol saat itu dapat di antisipasi dengan baik berbeda sekali dengan kita yang hidup dimana teknologi kedokteran yang belum semaju sekarang, saya yakin kita bisa melalui pandemik Corona ini.

Belum ada Komentar untuk "Flu Spanyol Berakhir, Lewat Vaksin atau Hilang dengan Sendirinya ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel